Garam sebagai Scrub Alami Penghilang Komedo

Permasalahan kulit pada wajah memang sangat menggangu penampilan dan membuat kepercayaan diri seseorang menjadi berkurang. Salah satunya yaitu komedo.

Terdapat dua jenis komedo yang biasanya muncul pada wajah, yaitu komedo putih dan komedo hitam.Komedo putih merupakan jenis komedo yang muncul akibat adanya sebum atau kelenjar minyak yang berlebih pada wajah dan tersumbat dipori- pori wajah. Sedangkan komedo hitam sebenarnya diawali dengan terbentuknya komedo putih namun disertai dengan kotoran- kotoran yang bersamaan menyumbat pori- pori wajah tersebutKotoran yang ada biasanya berasal dari debu maupun polusi. oleh karena itu seseorang yang cenderung memiliki jenis kulit berminyak cenderung lebih cepat mengalami komedo.
Banyak cara yang digunakan untuk menghilangkan komedo pada wajah seperti melakukan facial dan penggunaan plester komedo. Memang perawatn tersebut dapat menghilangkan komedo namun juga cepat membuat komedo dapat muncul kembali. Hal ini disebabkan dalam melakukan perawatan tersebut pori- pori wajah dibuka agar komedo keluar namun untuk membuat pori- pori wajah mengecil kembali cenderung sulit.
Oleh karena itu untuk membersihkan komedo sebaiknya dengan menggunakan scrub. Pada produk perawatan kecantikan, biasanya scrub sudah disertai pada sabun pembersih wajah. Gunanya ialah untuk mengangkat sel- sel kulit mati bersamaan dengan kotoran yang menempel pada wajah yaitu komedo.
Namun, kebanyak produk sabun pembersih wajah justru membuat kulit menjadi kering. Sebenarnya banyak bahan alami yang sering kita jumpai disekitar untuk digunakan sebagai perawatan kecantikan. Salah satunya ialah garam.
Garam merupakan salah satu pelengkap bumbu dapur yang sering digunakan untuk membuat masakan. Garam memiliki bentuk butiran- butiran kecil yang berwarna putih. Tapi tahukah kamu, bumbu dapur yang memiliki rasa asin ini sebenarnya bermanfaat juga untuk parawatan kecantikan.
Garan yang memiliki bentur butiran- butiran tersebut akan memberikan rasa kasar pada permukaan kulit sehingga berfungsi juga sebagai scrub alami. Penggunaan scrub berfungsi untuk mengangkat sel- sel kulit mati beserta kotoran- kotoran pada kulit. Salah satunya permasalah pada wajah yang sangat sering ditemui yaitu komedo.
Garam dipercaya dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah karena komedo tersebut muncul disebabkan oleh keberadaan kelenjar minyak pada wajah yang menyumbat pori- pori. Cara penggunaan garam sebagai scrub alami sangatlah mudah. Caranya adalah dengan mencuci wajah menggunakan air hangat agar pori- pori terbuka.
Kemudian ambil garam secukupnya dan gosokkan pada area wajah yang berjerawat seperti dahi, hidung, dan dagu. Gosokkan garam pada wajah secara halus dan perlahan sambil dipijit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih. untuk mendapatkan hasil yang optimal gunakan minimal 3 kali seminggu.
Sumber : jokowarino.id

Subscribe to receive free email updates: